Prospek kerja lulusan bahasa asing kini semakin menjanjikan, sehingga banyak pelajar yang memilih untuk mengambil kuliah jurusan bahasa atau sastra. Peluang untuk bekerja di perkantoran juga terbuka lebar karena sebagian besar perusahaan mewajibkan karyawannya fasih berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Tak hanya itu, lulusan bahasa asing juga bisa merambah ke berbagai bidang pekerjaan yang ternyata juga punya gaji yang menjanjikan. Kamu ingin tau apa saja prospek kerja lulusan bahasa asing? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Penerjemah
    Penerjemah

    Penerjemah merupakan salah satu profesi yang bisa dilakoni lulusan bahasa asing. Pasalnya, lulusan bahasa asing tentu memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai struktur, kaidah, atau keterampilan berkomunikasi terkait bahasa tersebut.Keuntungan menjadi seorang penerjemah juga beragam. Kamu bisa mendapatkan hal baru, informasi baru, hingga bertemu dengan klien yang beragam sehingga pengalaman yang kamu peroleh tentu akan semakin banyak.

    Gaji yang ditawarkan pun terbilang cukup menggiurkan karena kamu juga bisa mengambil kerja sampingan atau freelance.

  2. Tenaga pengajar
    Dosen

    Prospek pekerjaan lulusan bahasa asing berikutnya adalah guru. Kamu bisa menjadi seorang guru, dosen, atau pengajar kursus. Pihak yang kamu ajari dalam belajar bahasa juga tidak hanya orang Indonesia, tapi orang asing.

    Ini karena kamu juga bisa menjadi pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mempelajari atau mendalami bahasa Indonesia. Menarik bukan?

  3. Tour guide
    Tour Guide

    Sudah bukan rahasia umum lagi jika lulusan bahasa asing berpeluang besar menjadi seorang tour guide, baik itu di negara asalnya atau di negara tempat bahasa asing tersebut digeluti.

    Pasalnya, pekerjaan ini memang membutuhkan skill interaksi bahasa yang bagus, sehingga sangat cocok untuk para lulusan bahasa asing.

  4. Interpreter
    Interpreter
    Profesi ini sebenarnya hampir mirip dengan penerjemah, tapi seorang interpreter memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa asing secara lisan tanpa menulis terlebih dahulu.Tentu profesi ini memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi dalam menerjemahkan bahasa.

    Sesuatu yang biasanya diterjemahkan oleh interpreter yaitu pembicaraan seminar, presentrasi, konferensi antar negara, hingga pengadilan yang berbahasa bilingual. Interpreter juga bisa bekerja dalam urusan diplomasi, bisnis, pendidikan, atau liaison officer (LO).

  5. Jurnalis
    Jurnalis

    Lulusan bahasa asing, memiliki peluang yang besar untuk menjadi seorang jurnalis di media lokal ataupun media luar, lho! Jenjang kariernya pun cukup menjanjikan, dan kamu bisa memulainya dari menjadi seorang reporter.

    Dunia jurnalistik yang menantang akan membawamu berpetualang menemukan banyak pengalaman. Bahkan, jika ditempatkan pada desk tertentu, kamu bisa sekaligus berpelesiran ke berbagai penjuru negeri ataupun dunia. Keuntungan yang menarik bukan?

  6. Bekerja di perusahaan multinasional
    Multinasional

    Seperti yang diungkap sebelumnya, peluang kamu untuk bekerja di sebuah perusahaan akan besar, termasuk perusahaan multinasional.

    Posisi pekerjaan yang bisa kamu geluti ada beragam, bergantung pada minatmu. Kamu bisa menjadi staf, manager, ataupun direktur yang tentu membutuhkan kemahiran dalam berbahasa asing, khususnya bahasa tertentu yang kamu kuasai.

  7. Staf diplomatik
    Diplomatik

    Tak hanya lulusan hubungan internasional, kamu yang lulus dari jurusan bahasa asing atau sastra asing memiliki peluang yang besar untuk menjadi staf diplomatik di kedutaan besar.

    Jenjang kariernya pun juga cukup bagus. Kamu memiliki peluang menjadi diplomat yang bertugas mewakili negara guna melakukan diplomasi.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja lulusan bahasa asing yang perlu kamu tahu. Jadi, jika kamu memiliki cita-cita untuk menggeluti profesi di atas, maka tak ada salahnya untuk mengambil jurusan bahasa asing saat kuliah.

Kampus yang menyediakan jurusan bahasa asing juga banyak, salah satunya adalah STBA LIA Jakarta. Di kampus ini kamu akan diajarkan penguasan skil bahasa asing yang baik, baik itu untuk bahasa Inggris ataupun bahasa Jepang.

Bahkan untuk menunjang kemampuan bahasa para mahasiswanya, STBA LIA mengadakan program magang ke Jepang sehingga para lulusannya bisa bersaing secara global. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »